Swestimahardini's Blog

Just another WordPress.com weblog

VISUAL BASIC SCRIPT November 17, 2010

Filed under: Uncategorized — swestimahardini @ 2:52 pm

VISUAL BASIC SCRIPT


 

Visual Basic merupakan cara termudah dan tercepat untuk membuat aplikasi yang dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows®.

Apakah Anda  seorang profesional atau pemula sekalipun di bidang pemrograman Windows, Visual Basic menyediakan kepada Anda sekumpulan

perangkat untuk mempermudah dan menyederhanakan pengembangan aplikasi yang tangguh.

 

Lalu apa sebenarnya definisi dari Visual Basic itu sendiri?

 

 

 

 

 

Kata “Visual” merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical User Interface (GUI).

Daripada menulis berbaris-baris kode untuk menjelaskan pemunculan dan lokasi dari suatu elemen di dalam antar muka, Anda dengan mudah dapat menambahkan object yang sebelumnya sudah dibangun ke dalam tempat dan posisi yang anda inginkan di layar Anda. Jika Anda pernah menggunakan program untuk menggambar seperti Paint, maka Anda sebenarnya sudah memiliki keahlian uuntuk membuat sebuah antar muka pengguna secara efektif.

 

Kata “Basic” merujuk kepada bahasa BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code)

Merupakan sebuah bahasa yang digunakan oleh banyak programmer dibandingkan dengan bahasa lainnya dalam sejarah komputer. Visual Basic telah berubah dari bahasa asli BASIC dan sekarang memiliki ratusan pernyataan (statements), fungsi (functions), dan kata kunci (keywords), dan kebanyakan di antaranya terkait dengan antar muka grafis di Windows. Pengguna tingkat pemula sekalipun dapat membuat aplikasi dengan mempelajari hanya beberapa kata kunci, sementara kekuatan dari bahasanya membolehkan para pengguna tingkat professional mencapai apapun yang dapat dihasilkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Windows lainnya.

 

Bahasa pemrograman Visual Basic tidaklah hanya identik dengan Visual Basic saja. Sistem Pemrograman Visual Basic dalam bentuk Edisi Aplikasi, telah dimasukkan ke dalam Microsoft Excel, Microsoft Access, dan banyak aplikasi Windows lainnya juga menggunakan bahasa yang sama. Visual Basic Scripting Edition (VBScript) adalah sebuah bahasa skrip yang digunakan secara lebih umum dan merupakan bagian dari bahasa Visual Basic.

 

Microsoft Visual Basic Script atau yang biasa disebut dengan VBScript, merupakan bahasa pemrograman dari keluarga Visual Basic yang membawa skrip pada lingkungan yang luas, mencakup Web client scripting pada browser Internet Explorer dan Web server scripting pada Microsoft Information Server.

 

Pemrograman Visual Basic Scripting merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft Corp., bersama dengan program-program yang berbasis web lainnya seperti Active Server Pages (ASP). Dan merupakan varian dari keluarga besar Microsoft Visual Basic yang dibuat berdasarkan kemampuannya dalam mengolah perhitungan-perhitungan, validasi sebuah data, animasi, dan sederet kemampuan yang dimiliki oleh VBScript, yang pengolahan dan kinerjanya dilakukan di dalam jendela browser. VBScript menggunakan sintak program atau alur program yang sama dengan Visual Basic. Hanya saja di dalam Visual Basic memiliki lingkungan desain kerja (Desain-Time Environment) dan bersifat sebagai compiler, sedangkan VBScript tidak memiliki lingkungan kerja sendiri dan hanya dapat disisipkan pada struktur HTML (HyperText Markup Language) dan bersifat sebagai interpreter yang artinya hanya dapat dilihat dan dijalankan hasilnya lewat jendela browser seperti yang Microsoft Internet Explorer.

 

Secara garis besar dapat dikatakan bahwa pemrograman VBScript termasuk dalam kategori teknologi Internet dan sering dikatakan pemrograman web. Sedangkan Pemrograman Web itu sendiri tergolong atas dua kategori teknologi, yaitu Pemrograman Web berbasis Server atau Server Side, dan Pemrograman Web berbasis Client atau Client S.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s