Swestimahardini's Blog

Just another WordPress.com weblog

STUDI KASUS:”KEHILANGAN” KURSI December 21, 2010

Filed under: Uncategorized — swestimahardini @ 1:00 pm

STUDI KASUS : “KEHILANGAN” KURSI

 

Sebuah organisasi manufacturing yang mempunyai karyawan sekitar 270 orang mempekerjakan seorang manajer pabrik baru dengan maksud untuk mengurangi biaya-biaya produksi, meningkatkan kualitas produk, dan memperbaiki produktivitas karyawan. Pekerjaan adalah melelahkan dan kondisi-kondisi pekerjaan sangat tidak menyenangkan. Ini terutama disebabkan oleh panas dan debu yang ditimbulkan proses produksi. Hari kerja dibagi menjadi tiga shift, dimana lama waktu setiap shift adalah 8 jam, tanpa waktu makan yang ditetapkan secara eksplisit. Para karyawan biasanya membeli minuman dan makanan di warung-warung di sekitar pabrik dan minum atau makan sambil bekerja. Teknisi keamanan pabrik mengemukakan bahwa gang-gang yang digunakan untuk lalau lintas truk-truk pengangkut barang sering terlambat atau terganggu oleh lalu lalang para karyawan yang memerlukan dan membeli minuman dan makanan. Manajer baru mengambil keputusan untuk membangun sebuah cafeteria untuk mengurangi bahaya keamanan ini dan untuk memberikan kepada para karyawan suatu tempat makan jauh dari proses produksi yang tidak menyenangkan.

Setelah bangunan diselesaikan, para karyawan mulai makan di cafeteria seperti yang diharapkan. Bagaimana juga, meninggalkan lokasi pekerjaan menunjukkan secara implisit adanya periode istirahat untuk makan bagi karyawan. Waktu yang dihabiskan para karyawan untuk keperluan tersebut tentunya nai secara menoyolok, dan sebagai akibatnya terjadi penurunan produktivitas. Manajer pabrik kemudian memutuskan bahwa untuk menghindari para karyawan mondar-mandir ke cafetari, dia memindahkan kursi-kursi. Para karyawan marah kaena “kenyamanan” yang selama ini mereka rasakan telah diambil. Konsultan pengembangan organisasi (organization development), setelah diperkenankan, memperoleh informasi dari serangkaian wawancara bahwa para karyawan tidak pernah menginginkan cafeteria. Mereka sesungguhnya menginginkan lokasi yang lebih aman dari truk-truk pengangkut barang.

 

 

BEDAH KASUS :

 

Untuk dapat menyimpulkan dan membuat proses perubahan dianggap lancer dan sukses hamper selalu tergantung kepada beberapa faktor, seperti:

 

  1. Redistribusi kekuasaan dalam organisasi dimana praktek-praktek pengambilan keputusan tradisional berubah menjadi lebih banyak menggunakan kekuasaan yang dibagi.
  2. Redistribusi kekuasaan dalam struktur organisasi tersebut terjdi melalui suatu proses perubahan yang berkembang.

 

 

Menurut analisa dari kasus tersebut, terdapat kesalahan-kesalahan pokok yang dibuat manajemen dalam proses perubahan, yaitu:

 

Dimulai dari kesalahan dalam menganalisa situasi yang ada yang merupakan penilaian yang berbeda antara pihak manajemen terhadap para karyawan. Sampai kepada kesalahan pada tujuan awal atau salah sasaran, yang seharusnya ingin mengurangi bahaya keamanan justru berdampak kepada penurunan produktivitas akibat waktu yang dihabiskan karyawan.

 

Seharusnya sebelum melakukan perubahan, pihak manajemen perlu melakuakn pertimbangan sesuai tahapan-tahapan dalam proses perubahan. Seperti:

 

  • Menampung tekanan-tekanan sebagai faktor-faktor lingkungan eksternal.
  • Intervensi oleh orang luar yang menyarankan perbaikan-perbaikan.
  • Diagnosis serta pengenalan masalah dengan mengunpulkan berbagai informasi dan menganalisanya.
  • Penemuan penyelesaian baru serta komitmen pada serangkaian kegiatan dan membuat kolaborasi yang efektif dalam peningkatan baik kualitas penyelesaian maupun keterikatan pada serangkaian kegiatan yang akhirnya diputuskan untuk dipilih.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s