Swestimahardini's Blog

Just another WordPress.com weblog

aplikasi web database March 18, 2011

Filed under: Uncategorized — swestimahardini @ 9:09 am

ASP

(ACTIVE SERVER PAGES)

 

 

 

 

APAKAH ASP ITU ?


Tentu kalian sudah sering mendengar mengenai ASP. ASP atau ACTIVE SERVER PAGES merupakan suatu skrip yang bersifat server-side yang ditambahkan pada HTML untuk membuat sebuah web menjadi lebih menarik, dinamis, dan interaktif. Dengan ASP, anda dapat mengolah data konsumen yang diambil dengan sebuah form, membuat aplikasi-aplikasi tertentu dalam nsebuah web, ataupun membuat database dalam sebuah web. Bahasa skrip standar yang digunakan oleh ASP ini adalah Microsoft VBScript dan Microsoft Jscript.

ASP bersifat server-side yang berarti bahwa proses pengerjaan skrip berlangsung di server bukan di browser atau client. Dengan kata lain, jjika menggunakan browser untuk memanggil sebuah file ASP maka browser tersebut mengirimkan permintaan ke web server untuk kemudian mengeksekusi setiap skrip yang ada dan hasilnya dikirimkan kembali ke browser anda. Karena bersifat server-side, maka untuk dapat menjalankannya pada sebuah PC yang berbasis windows, PC tersebut harus disimulasikan menjadi sebuqh web server dengan mengiunstal Microsoft Personal Web Server (PWS) atau Microsoft Internet Information Services (IIS).

 

 

STRUKTUR SCRIPT ASP


Sebuh file ASP merupakan file text only yang didalamnya berisi teks, HTML tag, dan skrip ASP. Jadi, dapat dikatakan bahwa file ASP sebenarnya merupakan file HTML biasa yang didalamnya ditambahkan skrip ASP. Jika file HTML mempunyai ekstensi .htm atau .html maka jika sudah diberi skrip ASP, ekstensi tersebut hanya tinggal diubah menjadi .asp.

Skrip ASP bisa diletakkan dimana saja sebagaimana kita meletakkan HTML tag. Untuk membedakan antara teks HTML tag dan skrip ASP, maka digunakan suatu tanda yang disebut delimiter.

Delimiter adalah suatu karakter atau kumpulan karakter yang mengawali dan mengakhiri suatu tag atau skrip. Untuk HTML tag, sudah kita ketahui bahwa delimiter yang digunakan adalah karakter < dan >. Untuk skrip ASP, delimiter yang digunakan adalah kumpulan karakter <% dan %>.

 

 

BAHASA SCRIPT ASP


Sebelumnya telah dijelaskan bahwa skrip ASP dapat mengguankan Microsoft VBScript dan Microsoft Jscript. Jika tidak dinyatakan tersendiri, maka secara defaultskrip yang digunakan adalah Microsoft VBScript. Anda dapat mengubah default ini dengan menambahkan perintah :

 

<%@ LANGUAGE=BahasaSkrip %>

 

Dimana BahasaSkrip adalah bahasa script yang anda pilih sebagai bahasa primer. BahasaSkrip dapat diisi dengan VBScript ataupun Jscript. Bahkan jika web server anda mendukung bahas script Perl, ASP pun dapat menggunakan script tersebut. Perintah tersebut disebut dengan ASP directives dan harus diletakkan pada baris pertama dari sebuah file ASP.

Sebagai baha primer, ASP juga mengijinkan anda untuk menggunakan bahasa lain di dalam satu file yang sama. Jika anda menginginkan untuk menggunakan bahasa pemrograman lain selain bahas primer, maka anda harus menuliskan pernyataan :

 

<SCRIPT [RUNAT=SERVER] LANGUAGE=BAHASASKRIP>

…skrip…

</SCRIPT>

 

Pernyataan RUNAT=SERVER menyatakan bahwa script tersebut harus diproses di server.

Selain bahasa-bahasa script diatas, ASP juga mendukung bahasa SQL atau STRUCTURE QUERY LANGUAGE. Bahasa SQL ini digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan pengolahan database.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s