Swestimahardini's Blog

Just another WordPress.com weblog

Penalaran (Tugas Softskill Bahasa Indonesia2#) March 5, 2012

Filed under: Uncategorized — swestimahardini @ 7:24 pm

Tugas Softskill Bahasa Indonesia2#

 

 

Pengertian penalaran

 

Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.Dalam penalaran, proposisi yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis dan hasil kesimpulannya disebut dengan konklusi.Hubungan antara premis dan konklusi disebut konsekuensi. Ada dua jenis metode dalam menalar yaitu Induktifdan Deduktif.

 

 

1.       Penalaran induktif

Penalaran induktif adalah proses penalaran untuk manari kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan fakta – fakta yang bersifat khusus, prosesnya disebut Induksi. Penalaran induktif tekait dengan empirisme. Secara impirisme, ilmu memisahkan antara semua pengetahuan yang sesuai fakta dan yang tidak. Sebelum teruji secara empiris, semua penjelasan yang diajukan hanyalah bersifat sentara. Penalaran induktif ini berpangkal pada empiris untuk menyusun suatu penjelasan umum, teori atau kaedah yang berlaku umum.

 

Contoh penalaran induktif:

Jika dipanaskan, besi memuai.Jika dipanaskan, tembaga memuai.Jika dipanaskan, emas memuai.Jika dipanaskan, platina memuai.

Kesimpulan : Jika dipanaskan, logam memuai.

 

 

Dalam penalaran Induktif ini ada 3 jenis penalaran Induktif yaitu Generalisasi, Analogi, dan Hubungan sebab akibat ataupun hubungan kausal.

  1. Generalisasi adalah pernyataan yang berlaku umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diminati generalisasi mencakup ciri – ciri esensial, bukan rincian. Dalam pengembangan karangan, generalisasi dibuktikan dengan fakta, contoh, data statistik, dan lain-lain.
  2. Analogi adalah membandingkan dua hal yang banyak persamaanya. Kesimpulan yang diambil dengan jalan analogi, yakni kesimpulan dari pendapat khusus dari beberapa pendapat khusus yang lain, dengan cara membandingkan situasi yang satu dengan yang sebelumnya.
  3. Hubungan kausal adalah Penalaran yang diperoleh dari gejala-gejala yang saling berhubungan (hubungan Sebab- akibat, hubungan  Akibat – Sebab, dan hubungan Akibat – Akibat)

 

 

 

2.       Penalaran deduktif

Penalaran Deduktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku khusus berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat umum. Proses penalaran ini disebut Deduksi. Kesimpulan deduktif dibentuk dengan cara deduksi. Yakni dimulai dari hal-hal umum, menuku kepada hal-hal yang khusus.

 

 

Contoh penalaran deduktif:

Masyarakat Indonesia konsumtif (umum) dikarenakan adanya perubahan arti sebuah kesuksesan (khusus) dan kegiatan imitasi (khusus) dari media-media hiburan yang menampilkan gaya hidup konsumtif sebagai prestasi sosial dan penanda status sosial.

 

 

Jenis penalaran Deduktif ini diantaranya yaitu:

1.   Silogisme Kategorial adalah silogisme yang semua proposisinya merupakan katagorik.

2.   Silogisme Hipotetik adalah silogisme pengutaraan sesuatu yang dianggap benar dan kebenarannya sudah dapat dibuktikan.

3.   Silogisme Alternatif adalah silogisme dimana proposisi mengutarakan alternatif-alternatif yang ada.

4.    Silogisme Entimen adalah silogisme yang jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam tulisan maupun lisan. Yang dikemukakan hanya premis minor dan simpulan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

Mustakim.1991.Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Bahasa.

Wikipedia Bahasa Indonesia : http://id.wikipedia.org/wiki/Penalaran

Penalaran Induktif dan Deduktif (Laili Wahyuni : 24 Februari 2011)

Macam-macam penalaran (Gusti Agung Adi : 1 Oktober 2011)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s